BEWARE HOAX, Ayo Jadi Netizen Cerdas !

Bagi para pengguna media sosial pasti sudah tidak asing dengan istilah ai???hoaxai???. Menurut Jurnal Cybermatika (2016), hoax merupakan informasi palsu tanpa kredibilitas yang disampaikan secara sengaja untuk mempengaruhi seseorang dan bertujuan untuk menodai suatu citra seseorang yang sedang diberitakan.

Menurut Dewan Pers Indonesia, produk media sosial dapat dimanfaatkan secara bebas oleh semua orang. Hal ini menunjukkan bahwa produk media sosial rawan untuk dipalsukan atau direkayasa. Banyaknya oknum penyebar hoax dapat disebabkan karena adanya faktor-faktor seperti gejolak politik suatu negara, kepentingan organisasi tertentu dan hilangnya kepercayaan publik terhadap netralitas dan kebenaran media. Sosial media menjadi wadah paling mudah untuk menyebarkan isu-isu yang belum tentu kebenarannya. Mirisnya, banyak pengguna sosial media yang masih awam dan mudah terpengaruh dengan apa yang dibacanya. Pengguna awam seperti ini menjadi kesuksesan berita hoax dalam mencapai tujuannya yaitu mempengaruhi, menggiring massa dan mengumpulkan opini publik yang diinginkan si pembuat hoax tersebut. Sebagai netizen yang cerdas, sebaiknya kita perlu mengevaluasi suatu berita dengan seksama agar tidak tergiring oleh opini. Bagaimana caranya? Simak infografis berikut !

 

Berita online atau cetak yang baik memiliki status kredibilitas yang jelas (terverifikasi Dewan Pers), ada penaanggung jawab dan alamat redaksi, memenuhi syarat UU dan peraturan, dikelola oleh wartawan berkompeten, menaati KEJ, membela kepentingan umum dan menjalankan fungsi pers secara benar (Dewan Pers Indonesia). Sarana teknologi seharusnya digunakan untuk memajukan kemanusiaan, untuk itu tugas kita semua baik sebagai pemerintah, pers, ataupun netizen yang cerdas adalah mengutamakan fakta dalam suatu berita dan mengembalikan otoritas kebenaran faktual media arus utama untuk kepentingan umum. Salam damai !

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *