Buku Mewarnai dari Ngalam Duta Damai Untuk Anak-Anak Usia Dini

Duta damai dunia maya adalah kumpulan anak muda pegiat media sosial yang membuat konten perdamaian. Kegiatan yang dilakukan oleh Duta damai berupa online dan sesekali offline. Kegiatan online dilakukan secara rutin hampir seetiap 1 minggu sekali dengan tujuan menangkal propaganda-propaganda terorisme dan radikalisme. Sementara itu kegiatan offline dilakukan seskali untuk lebih dekat dengan masyarakat. Salah satu kegiatan offline duta damai adalah seperti yang dilakukan oleh Ngalam Duta Damai.

Ngalam Duta Damai, salah satu duta damai asal Malang, baru saja melahirkan sebuah karya berupa buku berkonten damai. Buku ini lahir diatas kegelisahan melihat anak-anak banyak menghabiskan waktunya dengan gadget daripada bermain di luar rumah bersama teman-teman seusianya. Tahun 2000 merupakan tahun digital native, jadi wajar saja jika anak-anak yang lahir di tahun 2000an keatas akan lebih suka bermain dengan gadgetnya daripada bermain di luar rumah. Padahal jika kita lebih teliti lagi, propaganda terorisme dan radikalisme ternyata juga menyasar anak-anak usia dini.

Buku yang berjudul ai???Buku Mewarnai : Warna Warni Indonesiaai??? ini menggambarkan keaslian bangsa Indonesia seperti adanya gambar warga sedang melakukan gotong royong. Gambar-gambar yang ada di dalam buku ini berjumlah 30 dengan berbagai model dan varian. Ada juga selingan melengkapi garis, model typografi dan gambar para presiden NKRI. Selain itu buku dilengkapi dengan beberapa gambar mainstream yang biasanya ada di buku mewarnai agar anak tidak cepat bosan.

Tanggal 27 Desember 2017 Ngalam Duta Damai juga mengadakan kegiatan yang bertema kado akhir tahun, berkolaborasi bersama Forum Komunikasi Taman Baca Malang Raya (FKTBM). Ada sekitar 30 taman baca masyarakat juga ikut meramaikan acara tersebut. Kegiatannya berupa pameran karya anak-anak bimbingan masing-masing TBM dan pementasan. Buku Mewarnai ini didistribusikan menjadi salah satu bahan pembeajaran di TBM. Selain itu juga teman-teman Ngalam Duta Damai meluangkan waktu untuk mewarnai bersama anak-anak.

200 buku telah didistribusikan secara gratis, bahkan ada beberapa sekolah PAUD dan TK yang ingin mendapatkan buku tersebut. Tetapi karena keterbatasan, teman-teman mendistribusikannya berupa soft file saja. Sebelum itu, Ngalam Duta Damai sudah mendistribusikan buku ke sekolah jalanan di Lawang dan TBM yang ada di Madura. Buku ini juga ada di beberapa TBM di Sidoarjo dan ada yang terbang ke Sulawesi.

Harapannya adalah buku ini bermanfaat bagi anak-anak dan menjadi cikal bakal tumbuhnya generasi damai yang menghargai perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia sejak dahulu kala sudah memiliki banyak perbedaan tetapi tetap bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ai??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *