Festival Mewarnai Indonesia Wujud Sinergitas untuk Indonesia Damai

Festival Mewarnai Indonesia dalam rangka ulangtahun Duta Damai Dunia Maya BNPT Reg Jogja dan Perayaan Hari Sumpah Pemuda mengusung tema Pemuda, Budaya, dan Teknologi untuk Mewarnai Indonesia. Kegiatan ini merupakan upaya Duta Damai untuk membuat resonansi deradikalisasi dan kontra propaganda terorisme di dunia maya kepada seluruh masyarakat Jogja.Ai??Satu-satunya jalan untuk menekan konten-konten propaganda dan radikalisme terorisme hanya dengan memproduksi sebanyak-banyaknya konten positif di dunia maya.

Sadar bahwa konten-konten radikalisme dan terorisme seperti gelombang tsunami yang tidak bisa ditangani sendiri, Duta Damai perlu merajut sinergitas dengan berbagai pihak. Duta Damai memahami, produsen konten di dunia maya adalah manusia meski pun proses distribusinya melibatkan mesin di Internet. Maka dari itu bekerja di ai???awang-awangai??? atau online perlu diimbangi dengan bekerja secara offline.

Duta Damai kerja bersama Generasi Pesona Indonesia Chapter Jogja, Paseduluran Jemparingan Manunggal Rasa Tamtama dan Wedhaai??i??s Pop Art Portrait Chapter Jogja akan mengadakan kegiatan Festival Mewarnai Indonesia yang akan diselenggarakan pada:

Hari, tanggalAi??Ai?? : Minggu, 29 Oktober 2017
Jam Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai?? : 09.00-22.00 WIB
TempatAi??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai??Ai?? : Taman Tebing Breksi, Sambirejo, Prambanan, Sleman

Mengapa harus bekerja secara offline?

Proses melawan konten propaganda radikalisme dan terorisme diawali dengan melakukan belanja konten secara offline. Sebab bahan dasar dari konten positif (konten kontra propaganda) sesungguhnya sudah tersedia dan berlimpah di lingkungan kita tinggal, di antaranya berupa nilai-nilai budaya dan fasilitas yang muncul akibat perkembangan teknologi. Bersinergi dengan komunitas yang bergerrak di ranah offline menjadi wajib dilakukan untuk mempermudah belanja konten.

Generasi usia 14-35 tahun merupakan kelompok tertinggi sebagai pengguna internet dan media sosial. Kelompok produktif ini ditengarai juga sedang mengalami puncak power dalam hidup. Menjadi petaka bersama jika kelebihan-kelebihan yang dimiliki kelompok ini tersalurkan pada aktivitas negatif. Lebih-lebih mereka tidak terkontrol dalam berinteraksi di dunia maya melalui akun media sosialnya.

Festival Mewarnai Indonesia memberikan referensi alternatif aktivitas yang dapat dimanfaatkan kelompok produktif untuk menyalurkan energi-energi mereka yang Ai??berlebih. Baik melalui aktivitas offline mau pun online. Berikut Profil Singkat komunitas yang terlibat dalam Festival Mewarnai Indonesia:

Komunitas Paseduluran Jemparingan Manunggal Rasa Tamtama

Paseduluran Jemparingan Manunggal Rasa Tamtama adalah komunitas bentukan dari Paseduluran Jemparingan Langengastro yang sedang berusaha tumbuh dengan bertumpu pada semangat gotong royong dan guyub rukun warga. Paseduluran Jemparingan Manunggal Rasa Tamtama hadir dari rasan-rasan warga RT 01 RW 07 Mejing Wetan Desa Ambarketawang Gamping Sleman.

Jemparingan berasal dari kata jemparing yang berarti anak-panah. Jemparingan bisa diartikan sebagai kegiatan panahan, kegiatan yang menggunakan anak-panah sebagai medianya. Berbeda dengan kegiatan panahan lainnya, jemparingan mempunyai 3 (tiga) ciri utama yang membedakannya dengan kegiatan panah lainnya, yaitu:

  • Pemanah duduk bersila;
  • Sasaran (target) yang digunakan. Jemparingan menggunakan sasaran/target berbentuk silinder dengan panjang 30 cm dan diameter 3 cm yang tergantung dengan tinggi 160 cm dari permukaan tanah;
  • Busana yang digunakan adalah busana tradisional, biasanya gaya jogja lengkap (surjan, blangkon, jarik dan keris);

Ai??Wedhaai??i??s Pop Art Portrait (WPAP) Chapter Jogja

WPAP adalah komunitas yang aktif dalam bidang seni dan budaya yang diketuai oleh Faruk Nurrohman. Komunitas ini terbentuk sejak 31 Oktober 2011 di mana karya yang dihasilka merupakan karya digital berupailustrasi objek potrait seseorang, budaya-budaya lokal, ikon kesenian, landmark kota, dll.

Ilustrasi tersebut dibuat melalui metode digital menggunakan berbagai macam aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustration, Corel Draw, sdb. Aliran ilustrasi yang digunakan adalah POP ART. Spesifikasinya adalahAi?? (WPAP) Wedhaai??i??s Pop Art Potrait yang merupakan aliran ilustrasi asli Indonesia yang diciptakan oleh seorang ilustrator kelahiran pekalongan, yaitu Wedha Abdul Rasyid.

Komunitas WPAP memiliki visi memberi wadah bagi seluruh pehobi WPAP di Jogja dan sekitarnya, menjalin hubungan yang baik antar komunitas, dan organisasi, lembaga, dan institusi di Jogja dan sekitarnya. Misinya adalah membentuk komunits yang solid, menjadi komunitas yang konsisten yang berkontribusi pada perkembangan dan kemajuan seni di Jogja dan sekitarnya.

Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jogja

Lebih spesifik dan mirip dengan kerja Duta Damai, yaitu Generasi Pesona Indonesia Chapter Jogja atau lebih dikenal dengan Genpi Jogja. Komunitas ini terdiri dari konten kreator, buzzer, dan pemain media sosial yang fokus untuk mempromosikan pariwisata di Jogja dan Indonesia yang dibentuk oleh Kemenpar RI.

Ai??Titik Berat Festival Mewarnai Indonesia

Komunitas jemparingan dan WPAP secara offline memiliki penggemar yang militan dan cukup digemari di Jogja. Kesamaan isu yaitu tentang budaya dan teknologi menjadikan kolaborasi yang epik untuk membangun impresi lebih luas dalam menyentuh berbagai eleman masyarakat melalui atraksi yang akan kami selenggarakan bersama.

Harapannya, siapapun yang terlibat dan terpapar kegiatan ini dapat menyebarluaskan kabar kegiatan baik secara offline mau pun online dengan berbagai bentuk konten. Sehingga aktivitas ini akan menjauhkan masyarakat khususnya generasi muda dari aktivitas membaca atau bahkan memproduksi konten negatif apalagi konten radikal dan terorisme.

Kegiatan Feestival Mewarnai Indonesia diharapkan menjadi platform yang bisa diaplikasikan di daerah lain. Bahwa bekerja di dunia maya selalu berhubungan erat dengan kegiatan offline. Perjumpaan serta sinergitas dengan berbagai pihak menjadi wajib dilakukan. Inilah usaha kami untuk Indonesia damai dari Jogja.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *