JANGAN ADA BENCI DI ANTARA KITA

 

Duta Damai Yogyakarta Foto By: Tim Dokumentasi Duta Damai Yogyakarta

Yogyakarta, Pojok.dutadamai.id – Duta Damai Yogyakarta mengajak pengunjung Sunday Morning UGM (SunMor UGM), Memperingati hari Sumpah Pemuda. Kegiatan yang dilaksanakan pada 28 Oktober 2018, berupa ajakan positif untuk menjaga perdamaian dan ajakan untuk tidak menciptakan kebencian diantara masyarakat.

Dalam kegiatan ini, Duta Damai Yogyakarta melakukan kampanye perdamaian kepada pengunjung SunMor UGM. Sasi Sartika salah satu Duta Damai Yogyakarta mengungkapkan bahwa, kampanye perdamaian berupa pembagian stiker perdamaian gratis. Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari pengunjung SunMor UGM.  Terbukti dengan banyaknya pengunjung SunMor UGM yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, Duta Damai Yogyakarta juga mengajak para pengunjung SunMor UGM untuk menandatangani banner, sebagai wujud dari dukungan perdamaian. Adanya kegiatan positif semacam ini, diharapkan dapat menjadi jembatan bagi anak muda untuk menjaga perdamaian. “Generasi sekarang harus dibina dengan pendidikan yang baik dan tentunya diberikan pengalaman kegiatan sosial supaya bisa berkarya lebih dan membanggakan pada hal-hal positif.”Ujar drh. Helpi Firman H, pengunjung SunMor UGM.

Rizki salah satu pengunjung SunMor UGM mengungkapkan bahwa, menjaga perdamaian dapat berawal dari diri sendiri seperti, tidak anarkis, tidak menggunakan kekerasan, pemuda harus cerdas dan berpikir dengan kepala dingin sebelum bertindak.

Penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta yang heterogen, membuat daerah ini rawan terjadi konflik.  Beberapa kasus konflik antarbudaya sering terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta, “Jogja itu representatif Indonesia, darimana-mana ada. Sekarang masih sering terjadi bentrok karena adanya sedikit perbedaan.” Ujar Apin pengunjung SunMor UGM.

Masih banyaknya bentrok antarbudaya di Daerah Istimewa Yogyakarta, membuat kegiatan ini sebagai salah satu cara, untuk meminimalisir perbedaan di tengah kehidupan masyarakat. Selain melakukan kampanye perdamaian, Duta Damai Yogyakarta juga menampilkan akustik, untuk menghibur para pengunjung.

Tema yang diangkat Duta Damai Yogyakarta dalam memperingati Sumpah Pemuda kali ini, adalah JogjaituDamai, yang merepresentasikan bahwa saat ini dan nantinya Jogja damai. Bukan hanya Duta Damai Yogyakarta saja, yang memperingati hari Sumpah Pemuda dengan kampanye perdamaian, kegiatan ini juga serempak dilakukan di 32 kota di Indonesia, seperti  Jakarta, Sumatra Barat, Kalimantan Selatan dan masih banyak lagi.  Antika Damayanti

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *