Java Summer Camp ke-6 Usung Tema “Explore Amazing Sleman Peserta Java Summer Camp 2017ai???

Java Summer Camp atau yang akrab disebut JSC ini adalah penyelenggaraan yang ke 6. JSC merupakan program pertukaran budaya yang dikemas dalam bentuk kegiatan berkemah menitikberatkan pada upaya pengenalan, penguatan, dan peningkatan pemahaman keberagaman kebudayaan di kalangan generasi muda.

JSC ini diselenggarakan setiap tahun sejak 2009 antara Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerja sama dengan semua pihak yang mendukung. Pada tahun 2017 ini, Java Summer Camp kembali digelar pada 25 s.d. 27 Agustusi 2017 di Bumi Perkemahan Rama Sinta Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Java Summer Camp yang ke-6 ini bertema “Explore Amazing Sleman Peserta Java Summer Camp 2017ai??? terdiri dari Pelajar (Perwakilan organisasi Pemuda dan Pramuka saka Pariwisata Kabupaten Sleman, Kulonprogo, Gunungkidul, Bantul dan Kota serta Mahasiswa sebanyak 169 peserta. 4 peserta asing dari Malaysia, Jepang, Polandia dan Pakistan. Sedangkan peserta dari Indonesia datang dari Makasar, Palembang, Madiun, Jakarta, Jateng, dan DIY.

Java Summer camp pada prinsipnya merupakan kegiatan pembinaan generasi muda yang bersifat edukatif inovatif, kreatif, produktif, menantang, dan rekreatif.

ai???Tujuan penyelenggaraan JSC adalah sebagai media partisipasi generasi muda dalam meningkatkan peran dan perhatian pada dunia pariwisata dan budaya, menumbuhkan kerjasama antar budaya dan antar bangsa. Dengan mengenal latar belakang budaya maka diharapkan akan memupuk rasa kebinekaan yang akan menjadi modal perekat persatuan,ai??? kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Dra. Hj. Sudarningsih, Msi.

Berbagai rangkaian kegiatan pun disusun panitia dan melibatkan berbagai komunitas di Yogyakarta. Pada hari pertama, peserta JSC diajak belajar membatik dengan pendamping Ibu Tiwi Sanggar Ragam Kriya, Yogyakarta dibawah asuhan GKR Mangkubumi, micro blogging dan forografi bersama Duta Damai Dunia Maya BNPT Regional Yogyakarta, dan pada malam harinya opening ceremony dan gala dinner. Acara JSC ke-6 ini resmi dibuka oleh Asek II Bidang Pembangunan dan Ekonomi kabupaten Sleman, Dra. Suyamsih. Panggung opening ceremony dipandu oleh MC Dimas Bara dan Diajeng Galuh dan dimeriahkan tari kreasi baru oleh Sanggar Tari Nata Kila.

ELzha (Duta Damai) berinteraksi dengan salah satu peserta Java Summer Camp tentang pemanfaatan media sosial. Foto milik Sahabat Damai Hafid Akbar

Menurut Shavitri Nurmala Dewi, Kepala Bidang Destinasi dan Ekonomi Kreatif, Dinas Periwisata Sleman sekaligus inisiator Java Summer Camp, ai???Kegiatan ini kerjasama Dinas Pariwisata Sleman, Dinas Pariwisata DIY didukung oleh Saka Pariwisata se-DIY, PT. Taman Wisata Candi, World Merit Indonesia, Duta Damai Dunia Maya BNPT Regional Yogyakarta, Malam Museum, Roemah Toea, Masyarakat Digital Jogja, Generasi Pesona Indonesia Reg. Jogja, STIPRAM, J-Walk Sahid, BPCP DIY.ai???

Menurut Sudarningsih, Java Summer Camp juga diharapkan menjadi media untuk mengasah kemampuan di berbagai bidang, melalui kegiatan yang saat ini mungkin relatif berskala regional, diharapkan akan membawa manfaat yang besar dalam pelaksanaanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *