Kencangkan Bhinneka Tunggal Ika Demi Nusantara Bersatu

Adakah Indonesia di dadamu? Sebuah pertanyaan untuk diri sendiri. Anda juga boleh melakukan hal yang sama. Ternyata jawabannya ada pada sambutan Ir. Teguh Sudirman, anak turun Jendral Soedirman. ai???Mengaku cinta para pahlawan, maka tirulah apa yang mereka lakukan,” ungkapnya saat memberikan sambutan pada kegiatan Aksi Bhinneka Tunggal Ika Nusantara bersatu di Yogyakarta.

Para pahlawan berjuang bukan untuk kelompoknya. Mereka berjuang untuk kedamaian hidup berbangsa dan bernegara. Apakah masih pantas kalau kita berlaku seenaknya. Coba lihat tetangga kita, Myanmar, menyamakan sebuah keinginan tibalah penistaan dan penderitaan. Tidak takutkah kita akan jadi pelaku karena menjadi mayoritas? Kita memang banyak tapi Indonesia ituAi??terdiri dari sedikit-sedikit seperti batang-batang lidi yang menyatu menjadi sapu menumpas segala hal yang mengotori bangsa.

Acara ini digagas oleh TNI dan diselenggarakan di Jakarta serta serentak di Provinsi-provinsi lain pada Rabu (30/11) dan terpusat di Silang Monas, Jakarta seperti yang dilansir bbc.com. Sedangkan Nusantara bersatu Yogyakarta bertempat di Taman Parkir Abu Bakar Ali berakhir di Monumen Serangan Oemoem 1 Maret, 0 Km Yogyakarta. Berbagai elemen tumpah ruah dengan mengenakan seragam komunitas dan baju daerah.

ai???Acara ini hanya kami persiapkan dalam 7 hari. Tapi demi NKRI meski 7 menit pun akan kami persiapkan,ai??? begitu teriak Widihasto Wasana Putra Koordinator Aksi Bhinneka Tunggal Ika Nusantara Bersatu, Yogyakarta saat mengawali Ikrar Bangsa.

Meski digagas oleh TNI acara ini tidak kaku seperti saat mereka melakukan baris-berbaris. Tajuk Nusantara Bersatu betul-betul terealisasi dari rangkaian acara pagi tadi. Para Seniman Lukis menarikan kuas merekaAi??pada kain putih yang terbentang dengan menyerukan perdamaian dan Bhinneka Tungga Ika. Musikalisasi Puisi oleh Basuki. Dan Terpenting adalah pelibatan rohaniawan lintas Iman.

Foto Tim Duta Damai Dunia Maya Jogja

Foto Tim Duta Damai Dunia Maya Jogja

Demi perdamaian Indonesia, doa lintas iman tidak bisa ditinggalkan. Perwakilan dari seluruh pengantut agama dan aliran kepercayaan silih berganti memanjatkan doa perdamaian dengan cara masing-masing. Mereka merasa terpanggil untuk bisa mengajak elemen masyarakat bersatu seperti yang diungkap oleh Pendeta Indrianto, ai???Saya dan kawan-kawan bersedia gabung di Aksi Nusantara Bersatu setelah melihat, merasakan kegelisahan umat di tengah dinamika sospol akhir-akhir ini.ai???

Ia menambahkan, ai???umat dan masyarakat butuh ketenangan, jaminan keamanan, jaminan tetap utuhnya bangsa dalam kebhinneka-tunggal-ikaan, tetap tegaknya NKRI dengan dasar Pancasila dan UUD 1945.Oleh karena itu berhimpunnya rakyat Jogja dengan simpul-simpul elemen masyarakatnya, diperkuat dengan hadirnya TNI-POLRI plus unsur-unsur instansi Pemda dalam aksi ini, mendorong kami untuk mengambil peran dalam aksi ini yang relevan dengan kapasitas kami sebagai rohaniwan & pembina umat yakni sebagai pendoa-pendoa bagi bangsa dan negara dalam Doa Bersama Lintas Iman.ai???

Hal senada juga diungkap oleh Totok Hartanto, Kepala Dukuh Wukirsari, Cangkringan, Yogyakarta, ai???aku kira gerakan bagus, ide dari panglima TNI. Ditengah carut marutnya politik seperti saat ini gerakan nusantara bersatu seolah membuka mata kita tentang pancasila dan bhineka tunggal ika. Banyak unsur yang datang, dari tokoh masyarakat, tokoh agama, TNI, Polri dan lainnya. Menurutku aksi nusantara bersatu juga untuk meredam aksi 212.ai???

Saat dikonfirmasi lebih lanjut tentang perlunya kegiatan ini di waktu mendatang Widihasto Wasana Putra mengatakan, ai???Ya kita kan tahu akhir-akhir ini politik aliran mengeras.Ai?? Kita harus perkuat spirit kebangsaan kita. Saya kira sih tidak tapi kita akan menggunakan situasi-situasi tertentu untuk melakukan gerakan.” Pun Totok Hartanto merasa acara ini tidak perlu rutin namun ideologi bangsa ini harus ditanamkan kepada generasi yang akan datang, sejak dini agar tahu nilai nilai yang terkandung di dalamnya.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *