Lomba Video & Menulis Festival Mewarnai Indonesia

Hasil surve Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia tahun 2016 menyatakan bahwa 51,8% dari penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta orang merupakan pengguna internet. Pulau Jawa termasuk di dalamnya, Yogyakarta, menyumbang 65% populasi pengguna internet terbesar di Indonesia sebanyak 86,3 juta orang dengan rata-rata usia 14-40 tahun. Usia ini merupakan target untuk penyebaran propaganda terorisme dan radikalisme.

Yogyakarta tidak hanya kota pendidikan dan kebudayaan, tetapi juga merupakan kota kreatif yang mencerminkan budaya lokal. Di Yogyakarta banyak produk sertaAi??seniman yang terkenal. Dengan ada kreativitas masyarakat yang menjunjung kebudayaanAi??lokal akan memberikan ciri khas baik secara nasional maupun internasional. Sebab,Ai??bangsa yang maju merupakan bangsa yang menghargai kebudayaannya sendiri sertaAi??kreatif dalam ilmu pengetahuan, terutama teknologi informasi.

Melihat fenomena ini, Duta Damai Dunia Maya BNPT Regional YogyakartaAi??(Selanjutnya ditulis Duta Damai) mengantisipasi hal tersebut agar berdampak positifAi??dalam kerukunan masyarakat yang majemuk. Serta menyampaikan pesan-pesan positifAi??dari kebudayaan lokal. Dengan mengangkat kebudayaan lokal bernuansa kerukunanAi??dalam dunia maya, diharapkan oknum yang menyebarkan kebencian tidak memiliki
ruang.

Demi menjalankan visiter sebut, Duta Damai melakukan kegiatan MewarnaiAi??Indonesia untuk mengajak masyarakat aktif dalam memproduksi konten positif semenjakAi??Februari 2016. Seperti, Menulis dan Blogging bagi Pemula (22/2/17) bekerjasamaAi??dengan Masyarakat Digital Jogja, Dinas Kominfo DIY, Dinas Pariwisata Sleman,Ai??Geotubing Brebah, Yuahijab Solo, dan Trick Eye Museum; Perlindungan Data PribadiAi??dan Media Sosial (18/3/17) bekerjasama dengan Masyarakat Digital Jogja, DinasAi??Kominfo DIY, Qword Indonesia, dan MAN 3 Sleman; Collorfull for Unity khusus untukAi??desain komunikasi visual (9/4/14) bekerjasama dengan Masyarakat Digital Jogja, DinasAi??Kominfo DIY, Kelas Pagi Yogyakarta, Komunitas Seketewu dan Taring Padi, HONFAi??(House of Natural Fiber) dan masih banyak lainnya.

Menindaklanjuti kegiatan Mewarnai Indonesia, pada bulan Oktober 2017 DutaAi??Damai mengadakan festival bertajuk ai???Pemuda, Budaya dan Teknologi untukAi??Mewarnai Indonesiaai??? dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda. RangkaianAi??acara ini meliputi lomba pre-event yang melibatkan siswa SMA sederajat se-DIY padaAi??bulan 20 Agustus-25 Oktober 2017; Parade Dolanan Anak, Pameran Karya Duta DamaiAi??dan Panggung Damai Mewarnai Indonesia pada 29 Oktober 2017; dan Lomba ReportaseAi??pada 1-7 November 2017.

L i h a t Ai?? Ai??s y a r a t Ai?? Ai??l o m b a Ai?? Ai??v i d e o Ai?? Ai??p e n d e k

L i h a t Ai?? Ai??s y a r a t Ai?? Ai??l o m b a Ai?? Ai??m e n u l i s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *