Pancasila dan Generasi Muda Indonesia

pancasila & generasi muda

Bagi para pejuang pendahulu kita yang memperjuangkan kemerdekaan dengan segenap jiwa dan raganya, Pancasila adalah segalanya, Pancasila adalah buah pemikiran cerdas luar biasa dari para Tokoh bangsa. Pancasila tidak tercipta dalam waktu semalam, tapi hasil dari sebuah keyakinan dan perenungan yang sangat dalam. Disana dititipkan sebuah keyakinan dan kehidupan spiritual bangsa Indonesia untuk di turunkan dari generasi ke generasi untuk menuju Indonesia Jaya.

Saat ini Pancasila masih tegak berdiri. Tapi semangat Pancasila ternyata sangat sulit diwariskan kepada generasi muda saat ini. Tidak banyak generasi muda yang peduli dengan jiwa dan semangat Pancasila. Mengerti dan memahami setiap sila saja menjadi hal yang sangat sulit bagi mereka.

pancasila & generasi muda

UGM Yogyakarta pernah menyelenggarakan Kongres Pancasila beberapa saat yang lalu.. Peserta dari generasi muda hanya sekitar 20 persen saja, dan sisanya generasi di atasnya. Hal inilah yang membuat keprihatinan kita semua.

Dari beberapa sumber bahkan mengatakan bahwa ada di antara generasi muda yang menganggap Pancasila hanya cocok untuk orangtua dan tidak untuk orang muda.

Namun harapan dan optimisme akan Pancasila masih tetap ada. Bisa dilihat dari sejumlah anak muda peserta konggres yang walaupun berjumlah sedikit, tetapi semangat mereka patut diacungi jempol. Harapan kemajuan negara ini satu-satunya ada di tangan generasi muda yang memiliki semangat Pancasila.

Pancasila adalah dasar negara yang berarti merupakan fondasi Negara Indonesia. Pancasila seharusnya menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menemukan solusi dari segala permasalahan. Semangat Pancasila ini menjadi tanggung jawab kita semua sebagai warga negara untuk mewariskannya dari generasi ke generasi.

Banyak gempuran saat ini yang benar-benar mengancam semangat Pancasila di negeri ini. Banyak yang mempertanyakan tentang Pancasila yang tidak sesuai dengan ajaran agama, tidak cocok dengan norma dan mempertanyakan keai???ampuhai???an Pancasila sebagai satu solusi untuk berbagai permasalahan yang terjadi di Negeri ini.

Bahkan ada kelompok yang dengan gampang mengkafirkan Pancasila. Belum paham dengan filosofi Pancasila dan mengatakan bahwa Pancasila adalah haram. Wawasan pikir dan rasa kebangsaan kita harus luas untuk dapat memahami Pancasila.

Pemahaman tentang semangat para tokoh pendahulu yang ingin menjaga generasi Indonesia dari kebodohan emosional, spiritual dan intelektual. Hal inilah yang ai???terlewatai??? dari kelompok-kelompok radikal yang menafikan Pancasila sebagai dasar Negara dan filosofi kehidupan bangsa serta telah tertanam puluhan tahun lamanya.

Generasi muda adalah benteng utama Pancasila. Generasi muda adalah Pancasila. Dan seharusnya tak terpisahkan. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, yang terhormat oleh karena falsafah hidup yang terus dipegang teguh oleh bangsanya dan tertuang abadi dalam kelima sila Pancasila.

Dalam rangka mengemban amanat besar ini pula, BNPT bersama anak muda Indonesia yang tergabung dalam Duta Damai bertekad untuk mengawal Pancasila tetap Berjaya dan dihidupi oleh generasi muda.

Banyak kegiatan yang sudah dilakukan para duta damai yang tersebar di seluruh pelosok negeri ini untuk menyuarakan pesan peradamaian. Dan Pancasila akan terus di gemakan oleh kelompok anak muda ini untuk menuju peradaban Indonesia yang damai, penuh toleransi saling menghormati, jauh dari paham radikalisme dan terorisme.

Satu lagi peran anak muda Indonesia yang tetap peduli dan ikut berperan aktif atas warisan pendahulu bangsa. Hal ini boleh menjadi inspirasi bagi kita semua untuk tetap optimis bahwa suatu saat nanti Indonesia terlebih bangsanya akan menjadi bangsa yang besar dan terkemuka di dunia.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *