Penguatan Literasi Damai dari Duta Damai Regional Jawa Barat Melalui Diseminasi Karya Mahasiswa UNSIL

Foto bersama setelah desiminasi karya mahasiswa.Copyright : Duta Damai Reg.Jabar

Pada tanggal 2 Januari 2018, Duta Damai Regional Jawa Barat bersama FKIP Matematika Universitas Siliwangi mengadakan Diseminasi Karya Mahasiswa di Auditorium Rektorat Universitas Siliwangi. Langkah awal pada tahun 2018 ini merupakan salah satu penguatan literasi damai yang merupakan indikator krusial kontra radikalisme & terorisme.

suasana diseminasi. copyright : Duta Damai Reg.Jabar

 

Calon tenaga pendidik perlu dibekali dengan literasi digital karena saat ini hampir semuanya didominasi internet. Kolaborasi antara kampus dengan Duta Damai bisa menjadi salah satu indikator yang membangkitkan semangat calon pendidik untuk berperan aktif melawan radikalisme dan terorisme di kalangan muda mudi.

Inisiator sekaligus narasumber dari kegiatan diseminasi ini adalah Dedi Nurjamil seorang dosen Filsafat dan Teori Bilangan, Eko Yulianto dan Dedi Muhtadi. Selain itu dibantu oleh Kang Jujun sebagai perwakilan Duta Damai Regional Jawa Barat. Mereka bersama-sama berperan aktif dalam menyebarkan konten damai dan mendukung pemerintah dalam kontra radikalisme.

Tema kegiatan Diseminasi kali ini adalah ai??? Positive Thinking sebagai kunci sukses menuju bahagiaai???. Hal ini memicu calon tenaga pendidik untuk menciptakan karya yang berkelanjutan. Ada 150 karya berupa puisi, literasi, produk, lagu dan karya ilmiah yang ditampilkan dalam acara tersebut yang nantinya akan dipadukan dengan literasi damai dan disebarkan melalui program yang berkelanjutan bersama-sama dengan program Duta Damai Regional Jawa Barat. Acara juga berlangsung lebih terarah dan meriah. Harapannya adalah semoga acara diseminasi ini menjadi cikal bakal tumbuhnya generasi damai yang menghargai perbedaan dan keberagaman yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *