Nuansa Perdamaian dan Toleransi di dusun Kalibening

Natal penuh perdamaian

Natal Tahun 2017 menorehkan sesuatu yang berbeda di dusun Kalibening kecamatan Kalasan Sleman Yogyakarta. Bagaimana tidak ? Natal tahun ini dirayakan tidak hanya dihadiri oleh umat Katholik saja, tapi nuansa toleransi dan kebersamaan betul-betul terasa kental dengan dukungan serta kehadiran berbagai umat beragama yang berbeda keyakinan.

Natal penuh perdamaian

foto doc : Ketua Lingkungan Aloysius Kalibening

Malam itu, di halaman depan rumah Bapak drg. Saptaya di dusun Kalibening terlihat begitu meriah. Umat Katholik di lingkungan Santo Aloysius Kalibening Kalasan tengah merayakan Natal bersama. Dekorasi natal aneka macam bentuk dan warna yang ditata dengan apik menambah semarak suasana malam itu.

Damai natal

foto doc : Ketua Lingkungan Aloysius Kalibening

Sebelum Perayaan Natal, Tepat pukul 18.30 acara dimulai dengan diselenggarakan terlebih dahulu Misa Natal untuk umat Katholik yang dipimpin oleh Romo Robertus Budi Haryana Pr yang berjalan khidmat. Dengan diiringi paduan suara dari gabungan Orang Muda Katholik (OMK) wilayah Yohanes Paulus II dan Petrus Damianis Kalasan Timur menambah kekhusyukan Misa Natal malam itu

Setelah Ibadat Misa selesai, kemudian dilanjutkan dengan pesta perayaan Natal. Dalam kesempatan ini umat Katholik kalibening membaur dan merayakannya bersama-sama warga masyarakat. Hadir juga malam itu Bapak Danang, Kepala Desa Tirtomartani, Kepala Dusun Kalibening Bapak K. Sumaryanto, Bapak RT/RW serta Ustad Hari selaku perwakilan dari umat Beragama.

Perayaan Natal berlangsung meriah dan penuh keakraban. Kemeriahan ini karena dukungan dari berbagai pihak dan terutama saudara lintas Agama yang saat itu turut hadir. Selain warga masyarakat sekitar juga ada pimpinan umat dari Agama Islam, Kristen dan Hindu.

Natal dan Toleransi

Foto doc : Ketua Lingkungan Kalibening

Dalam sambutannya, para tokoh masyarakat ini saling menguatkan semangat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dimulai dari lingkup kecil dalam kehidupan keluarga dan bermasyarakat. Sungguh Kesejukan dan kedamaian sangat terasa.

toleransi beragama

Foto doc : Ketua lingkungan Kalibening

Bapak Kepala Desa, Bapak Kadus, Bapak Ustad, Pandita dan Pendeta saling memberikan kesan dan pesan Natal yang mengutamakan sukacita, kedamaian , persaudaraan, kebersamaan dan kerukunan umat beragama yang harus tetap dan terus dijaga dengan didasarkan pada Pancasila.

Jumpa Lingkungan serta perayaan natal ini merupakan salah satu program Paroki Kalasan. Bertujuan untuk menjalin dan memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan antar umat beragama dengan penuh damai dan sukacita.

Perayaan Natal di lingkungan Kalibening kalasan tahun ini menjadi angin sejuk bagi kehidupan umat beragama, serta boleh menjadi inspirasi bagi lingkungan-lingkungan lain dalam rangka menumbuhkan kerangka perdamaian dan toleransi yang saat ini dirasakan semakin memudar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *