PRESS RILIS FESTIVAL MEWARNAI INDONESIA Pemuda, Budaya dan Teknologi untuk Mewarnai Indonesia

Festival Mewarnai Indonesia merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Duta Damai Dunia Maya bentukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Regioanl Daerah Istimewa Yogyakarta (kemudian ditulis duta damai) dengan menggandeng berbagai mitra, baik pemerintah, komunitas, swasta dan pelaku usaha di DIY.

Duta Damai dibentuk pada 21 Juli 2016 dengan beranggotakan anak-anak muda dengan kemampuan (salah satu atau lebih) menulis/ bloger, Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Teknologi Informatika. Kegiatan utama duta damai adalah memproduksi konten kontra propaganda di dunia maya untuk melawan konten-konten radikalisme dan terorisme.

Sadar bahwa konten-konten radikalisme dan terorisme seperti gelombang tsunami yang tidak bisa ditangani sendiri, Duta Damai perlu merajut sinergitas dengan berbagai pihak. Duta Damai memahami, produsen konten di dunia maya adalah manusia meski pun proses distribusinya melibatkan mesin di Internet. Maka dari itu bekerja di ai???awang-awangai??? atau online perlu diimbangi dengan bekerja secara offline.

ai???Mewarnai Indonesiaai??? merupakan gagasan program kegiatan yang telah berjalan sejak Februari 2017. Sebuah perjalanan dari pintu ke pintu untuk mengajak secara langsung masyarakat Jogja agar aktif memproduksi konten positif dan cerdas di dunia maya. Harapannya, warga net dan masyarakat Jogja tidak terjerumus pada isu radikal dan terorisme.

Kini, Mewarnai Indonesia sudah berjumlah 6, diantaranya Menulis dan Blogging untuk Pemula, Perlindungan Data Pribadi dan Media Sosial, Menulis dan Jelajah Heritage di Stasiun Maguwo Lama, Collorfull for Unity khusus DKV, Duta Damai Goes to School, dan Pesona Kebhinnekaan.

Menindaklanjuti kegiatan Mewarnai Indonesia, pada 29 Oktober 2017 yang akan dilakukan selama seharian penuh di Taman Tebing Breksi, Duta Damai akan mengadakan Festival Mewarnai Indonesia bertajukAi??ai???Pemuda, Budaya dan Teknologi untuk Mewarnai Indonesiaai???Ai??dalam rangka memeriahkan setahun Duta Damai Jogja dan Hari Sumpah Pemuda.

Demi terwujudnya tajuk tersebut Duta Damai bersinergi berbagai pihak yang tergabung dalam kepanitiaan acara seperti Komunitas Jemparingan Manunggal Rasa Tamtama, Wedhaai??i??s Pop Art Portrait (WPAP) Chapter Jogja, Generasi Pesona Indonesia Chapter Jogja, Masyarakat Digital Jogja, Dinas Kominfo DIY, dan Dinas Pariwisata DIY. Duta Damai masih membuka kesempatan sinergitas seluas-luasanya dan dalam bentuk apapun kepada berbagai pihak demi terselenggara acara dan kegiatan-kegiatan di tahun berikutnya.

ai???Harapannya, Pemuda sebagai ujung tombak kemajuan peradaban Bangsa Indonesia mampu mensikapi dan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan bijak dan tidak meninggalkan nilai-nilai luhur budaya Indonesia,ai??? tutur Sutanto Prabowo selaku Ketua Panitia kegiatan.

Adapun rangkaian acara ini meliputi lomba pre-event yang melibatkan siswa SMA sederajat pada 20 Agst-20 Okt 2017; Pameran Karya Duta Damai dan Panggung Damai Mewarnai Indonesia pada 29 Okt 2017; Serta Lomba Reportase pada 29 Okt-1 Nov 2017. Lomba-lomba kegiatan ini dimaksudkan untuk menjangkau keterlibatan masyarakat di luar Jogja karena pelaksanaannya secara online. Pun hasilnya akan digunakan sebagai ukuran keberhasilan kegiatan secara online berdasarkan jumlah karya yang berhasil didaftarkan kepada panitia.

ai???Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari banyak pihak. Semoga, Damai Indonesia dimulai dari Jogja,ai??? pungkas Sutanto Prabowo.

Panitia Festival Mewarnai Indonesia
Duta Damai BNPT regional Yogyakarta
Jl. Solo KM 13,5 Krajan Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta
Email :Ai??dutadamai.yogyakarta@gmail.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *