Pupuk Nasionalisme Kaum Muda di Independence Day Military Expo 2016

Sosok tentara kerap kali diidolakan oleh banyak kalangan. Tak heran bila film atau pun serial dengan tokoh utama seorang tentara laris manis. Sebut saja sosok tentara Amerika di Saving Private Ryan atau sosok tentara Korea di Descendent of Sun. Lalu, apakah sosok tentara Indonesia juga sekece tentara-tentara di luar negeri tersebut?

Independence military expo 2016

Buktikan kekecean tentara Republik indonesia di Independence Day Military Expo 2016 yang diselenggarakan di Jogja City Mall dari tanggal 15-17 Agustus 2016. Pameran ini menghadirkan anggota dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU serta menggeber lebih dari 200 alutsista (alat utama sistem pertahanan) yang dimiliki TNI. Alutsista sederhana seperti senapan sampai tank besar pembawa roket dipamerkan di autrium dan halaman JCM. Pengunjung yang hadir bebas untuk berfoto bersama di semua alutsista yang dipamerkan, atau pun berfoto bersama bapak-bapak penjaga stan yang gagah-gagah. Ada stand yang khusus meyediakan buku-buku seputar TNI juga lho.

Membaca di military expo 2016

Letkol Inf Riyanto selaku koordinator acara menjelaskan tujuan diadakan pameran ini adalah untuk mendekatkan TNI dengan masyarakat. Persenjataan yang dimiliki TNI adalah dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat, sehingga masyarakat menjadi yakin bahwa uang pajak yang mereka setorkan dimanfaatkan untuk hal yang berguna. Dan karena diselenggarakan bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, pameran ini diharapkan juga mampu memupuk nasionalisme masyarakat. Lewat pameran ini diharapkan TNI lebih dekat ke masyarakat dan menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat.

Dari tiga hari pameran, pengunjung pameran Independence Day Military Expo sangat membludak. Antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi dalam pameran ini sangat tinggi, terutama anak-anak. Untungnya bapak TNI yang berjaga terlihat cukup sabar menghadapi antusiasme anak-anak mencoba alutsista yang dipamerkan.

Selain mencoba, pengunjung juga diperkenankan bertanya sebanyak-banyaknya mengenai alutsista yang dipamerkan. Ada juga stand informasi penerimaan TNI dan Polri buat lulusan SMU yang berminat melanjutkan pendidikan di akademi militer atau pun kepolisian. Di stand ini pengunjung bisa bertanya sebanyak-banyaknya mengenai persyaratan masuk di akademi militer atau pun kepolisian. Yang jelas, no calo dan no joki dong ya. Kan sudah revolusi mental.

Berikut suasana pameran yang terekam pada 17 Agustus 2016 atau hari terakhir pameran.

Komidi putar ala military expo 2016

Military Expo 2016

Keren kan? Military Expo ini kabarnya masih terus berlanjut ke kota berikutnya, yaitu Semarang, mulai Sabtu tanggal 20 Agustus 2016 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *