Siapa di Balik Festival Mewarnai Indonesia?

Tiada mungkin ada kelahiran sebuah komunitas bernama Duta Damai Dunia Maya tanpa Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia. Tujuannya agar pencegahan terorisme juga masif terjadi di dunia maya. Melibatkan anak muda dengan 3 kompetensi dasar yaitu menulis, desain komunikasi visual, dan teknologi informasi untuk membanjiri dunia maya dengan literasi positif.

Sebagai orang tua dari Duta Damai Dunia Maya Reg DIY, BNPT selalu mendukung inisiasi daerah dengan berbagai fasilitas pendukung. Setahun usia Duta Damai Dunia Maya Reg DIY telah terbantu dalam melaksanakan tugas di daerah berkat akses dan bantuan finansial dari BNPT.

Kegiatan Festival Mewarnai Indonesia sendiri telah didukung 80% pendanaan dari BNPT. Sehingga kami dapat menghadirkan Kikan Namara dan berbagai pengisi acara lainnya. Tak kalah pentingnya, kami juga dapat menggelar Pameran Digital: Satu Tahun Mewarnai Indonesia.

 

Sinergitas Instansi di Daerah

Saat kami dikembalikan dan menjalankan tugas di daerah menjadikan kami harus mandiri dan menjalin sinergitas dengan berbagai pihak. Kami masih ingat betul, jaringan pertama yang bersinergi dengan Duta damai adalah Kominfo DIY melalui komunitas Masyarakat Digital Jogja. Dinas Kominfo juga turut membidani lahirnya Mewarnai Indonesia Pertama, yaitu Kelas Menulis dan Blogging bagi Pemula pada 22 Februari 2017.

Sejak itu kemudian muncul kelas-kelas mewarnai yang diselenggarakan hampir setiap bulan. Sinargitas pun meluas, akhirnya kami dipertemukan dengan Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Kab. Sleman, dan Dinas Kebudayaan Kab. Sleman. Khusus pada Festival Mewarnai Indonesia ini, Dinas Pariwisata DIY menyatakan dukungan penuh terhadap pengadaan instalasi Wedhaai??i??s Pop Art Portrait (WPAP) Chapter Jogja yang juga turut mewarnai acara ini. Berbagai gambar ikon, tokoh, dan landmark Jogja serta nasional akan dihadirkan untuk menggaungkan semangat perdamaian melalui 120 gambar yang akan aplikasikan pada 15 tower.

Instalasi WPAP ini akan dibuat semi permanen dan WPAP akan bertanggung jawab mengganti tema tiap 2 bulan sekali. Sehingga kebermanfaatan keberadaan instalasi ini bisa jangka panjang baik terhadap destinasi Taman Tebing Breksi sebagai spot-spot pendukung wisata dan bagi WPAP sebagai ruang workshop. Hal-hal seperti inilah yang jauh diharapkan oleh kami sebagai komunitas. Dukungan berupa akses dan ruang berekspresi untuk menjalin sinergitas lebih luas, harapannya visi untuk Indonesia Damai dari Jogja bisa ai???disengkuyung bersamaai??? meski warna kita berbeda.

Ai??

Semakin hidup bersama komunitas

Pergerakan akar rumput dari jaman sebelum merdeka adalah hal yang menjadi kekuatan suatu perubahan. Tak hanya melibatkan instansi, kami pun menjalin sinergitas dan komunikasi dengan Forum Lintas Komunitas Peduli Wisata Jogja Istimewa. Forum ini terdiri dar 52 perwakilan komunitas yang ada di Jogja dengan berbagai prestasinya mendorong peruban pada pelaku wisata. Tak bisa dipungkiri juga berkat ai???guyub dan rukunai??? yang kami bangun bersama kami juga bisa menyentuh masyarakat luas.

Pariwisata dan Budaya memang menjadi pintu masuk Duta Damai Dunia Maya Reg DIY sebab isu ini paling universal. Banyak isu bisa dikomunikasikan melalui aktivitas wisata dan budaya. Tempat-tempat bekegiatan kami pun berada di sana, seperti Destinasi Selo Langit, Bangunan tua milik PT.KAI-Stasiuan Maguwo Lama, Base camp Kelas Pagi Yogya, dan Festival Mewarnai Indonesia pun akan diselenggarakan di Taman Tebing Breksi yang juga tempat wisata sekaligus simbol perdamaain antara penduduk sekitar dengan alam. Sebab Taman Tebing Breksi merupakan kawasan geoheritage yang telah berhenti menjadi kawasan tambang dan beralih menjadi destinasi wisata sebagai wujud damai.

Swasta&Pelaku Bisnis Dukung Festival Mewarnai Indonesia

Duta Damai Dunia Maya Reg DIY juga bersinergi dengan Swasta dan Pelaku Bisnis yang mendukung perkembangan komunitas di Jogja. Berbagai dukungan mulai dari tempat berkumpul sampai dengan hadiah untuk stimulus dan sekaligus benefit atas karya yang dimunculkan sahabat damai di kelas-kelas Mewarnai Indonesia, diantaranya:

  1. Qwords IndonesiaAi??

Perusahaan penyedia hosting yang telah berusia 12 tahun ini turut andil dalam perjalanan Kelas Mewarnai Indonesai mulai dari Kelas Privasi Data dan Media Sosial. Sebab mengetahui Visi duta damai adalah mencetak lebih banyak kreator konten dengan mengajak para bloger dan DKV membuat Qwords Indonesia selalu mendukung usulan-usulan kegiatan kami. Khusus puncak kelas Mewarnai Indonesia, Qwords Indonesia turut memberikan hadiah yang cukup menarik kepada seluruh peserta lomba baik pelajar mau pun umum. Apa hadiahnya? Jadilah pemenang dalam lomba Pelajar dan Reportase Festival Mewarnai Indonesia.

 

  1. Gudang DigitalAi??

Sebagai toko kamera yang hadir 9 tahun yang lalu di Jogjakarta. Berkembang bersama support teman-teman dan komunitas fotografi, Gudang Digital menyediakan peralatan fotografi dan videografi terbaik mulai dari kamera, lensa, drone hingga peralatan penunjang baik tripod, filter, microphone sampai dengan tas pelindung. Kini hadir melalui toko online gudangdigitalonline.com untuk membantu kebutuhan teman-teman dan para antusias fotografi dan videografi diseluruh Indonesia.Ai??Melalui tag line-nya, ai???Fotografi yang baik tidak hanya dihasilkan dari paduan rasa dan teknik yang baik tapi juga karena pemilihan alat yang tepat dan cerdasai??? turut mendukung terlaksananya lomba fotografi dalam Festival Mewarnai Indonesia.

Ai??

  1. Shiva PlateuAi??

Koperasi Shiva Plateu adalah penyedia jasa angkutan Jeep yang memiliki rute Shiva Plateu-Rute candi-candi kecil disekitaran Prambanan dan Ratu Boko. Para drivernya memiliki kompetensi tutur tentang sejarah lokal. Hal ini yang menjadikan satu poin perjumpaan bahwa teman-teman Shiva Plateu juga menginginkan para pengunjung Breksi memahami mengapa Breksi berhenti ditambang dan dijadikan destinasi wisata, tak lain adalah wujud perdamaian warga sekitar dengan alam yang mereka tinggali. Shiva Plateu pun juga membersamai Kelas Mewarnai Indonesia khususnya dalam penyediaan transportasi tamu VIP. Khusus untuk Festival Mewarnai Indonesia, Shiva Plateu akan membagi voucher trip kepada pemenang lomba reportase. Tawaran menarik bukan? Turut ramaikan dan jadilah pemenang!

 

  1. Bijak JawaAi??

Pelaku bisnis lain yang dalkukan oleh para pemuda kreatif di Jogja adalah Bijak Jawa. Sebuah factory outlet sekaligus destinasi wisata UNIK JOGJA yang mengangkat tema budaya. Mereka mengemas secara kekinian. Dituangkan ke bermacam medium: Kaos, Merchandise, dll. Selain itu, produk Bijak Jawa juga dapat dijadikan oleh-oleh dari Jogja yang Istimewa. Mengaku sebagaiAi??JOGJA CREATIVE BUNKER, ekplorasi budaya oleh seniman muda Jogja yang hanya ada satu-satunya turut mendukung terselenggaranya Festival Mewarnai Indonesia.

Ai??

  1. Satoria Hotel

Satoria Hotel yang terletak di jalan raya utama, hotel kasual ini di menara kontemporer berjarak 6 km dari kebun binatang Gembira Loka dan 8 km dari belanja Jalan Malioboro. Berbagai fasilitas pun disiapkan secara istimewa kepada pengunjung. Sebagai tempat yang menjadi pilihan singgah bagi wisatawan lokal mau pun manca, Satoria Hotel turut mendukung inisiasi penyelenggaraan Festival Mewarnai Indonesia melalui penghargaan karya para netizen yang diikutkan lomba reportase. Rebutkan 3 voucher menginap enjoy di Satoria Hotel!

Ai??

  1. Neo Malioboro Hotel

Hotel satu ini selalu mendukung dan mengapresiasi karya anak muda. Baru saja, juga meluncurkan program baru berupa Sarkem Jazzy. Bentuk kepedulian Neo Malioboro terhadap stigma negatif Sarkem selama ini dengan perlahan membuka diri untuk bersinergi dengan komunitas. Hotel yang hanya butuh 2 menit berjalan kaki dari Stasiun Tugu Jogja ini juga turut meramaikan Festival Mewarnai Indonesia dengan menyediakan 2 voucher F&B. Lagi-lagi untuk kalian yang siap bersinergi untuk mewarnai dunia maya dengan konten positif.

Tak ketinggalan berbagai media partner yang juga menggaungkan kegiatan Festival Mewarnai Indonesia baik di media konvensional pun digital. Di antaranyaAi??Berandajogja, Guyonangkring, Jogjaku, Infoseni, Areajogja, Kulineryogya, Retjobuntung, Kompas, RRI, Jogjafamily, Jogja Tv, Naraya Trip Planner, Star Jogja, Kresna TV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *