Website Kontra Terorisme

Pesatnya perkembangan teknologi informasi sangat membantu setiap orang dalam mengakses informasi maupun menyebarkan informasi. Website menjadi salah satu alat untuk menyebarkan informasi di dunia maya.

Dengan website berita atau informasi dapatAi??tersebar dengan sangat cepat. Seseorang atau kelompok dapat dengan bebas menyebarkan informasi yang bisa berisi propaganda maupun mempersuasi orang agar mengikutinya.

Dalam kegiatannya, kelompok terorisme dan radikalisme juga menggunakan saranaAi??website, social media maupun media informasi lainnya untuk membujuk orang-orang mengikuti gerakannya.

Tindakan aparat keamanan khususnya di Indonesia pun sudah dengan tegas menutup (block) website tersebut. Tetapi hal tersebut tidaklah membuat jera kelompok terorisme dan radikalisme tersebut. Mereka malah membuatAi??website baru lagi dengan namaAi??domain yang berbeda.

Untuk memerangi usaha propaganda kelompok tersebut, masyarakat yang peduli akan pentingnya kedamaian yang bebas dari aksi terorisme dan radikalisme ini dituntut mampu mengimbangi dengan menyebarkan konten positif untuk meminimalisir terprovokasinya orang-orang yang tidak paham dengan terorisme dan radikalisme untuk tidak terjebak masuk ke dalam kelompok tersebut.

Santoso, siapa masyarakat yang tidak mengenalnya? Ia adalah pelaku terorisme yang saat ini sudah tewas dalam baku tembak di Poso. Ai??Akankah kelompok dari Santoso ini berhenti dari misinya? TIDAK, anggota kelompok Santoso tidak akanAi??berhenti.

Kemungkinan mereka akan bersembunyi dahulu agar aparat tidak menemukan mereka. Tetapi tidak menutup kemungkinan aksi mereka akan kembali lagi setelah dirasa keadaan aman. Walaupun saat ini markas di Poso milik kelompok Santoso sudah tidak ada lagi, namun berdasar informasi mereka berencana akan pindah ke Bima, Nusa Tenggara Barat.

Jadi, dapat dikatakan bahwa misi dari kelompok Santoso tidak akan berhenti walaupun Santoso sudah tewas.

Kelompok Santoso tidak akan berhenti untuk mencari calon anggota barunya. Perekrutan ini sangat mungkin menggunakan media yang dapat dengan cepat menyebarkan informasi. Media tersebut adalahAi??website.

Hanya memiliki satu markas namun memiliki banyak anggota dari banyak wilayah dapat dikatakan strategi yang mereka miliki ini sangat hebat dan jitu.

Pergerakan mencari anggota baru dimulai dari wilayah Indonesia sendiri, namun hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan untuk merekrut anggota dari luar Indonesia.

Kelompok Ai??Santoso memiliki ai???pengikutai??? atau pendukung dari luar negeri seperti Tiongkok maupun Filipina dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi.

Penggunaan media yang semakin mudah saat ini membuat orang tidak akan jera memanfaatkanya akan tetapi malah semakin ai???bersemangatai??? dalam menginformasikan banyak hal yang mereka miliki.

Website Kontra Terorisme

Saat ini, BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) membentuk Duta Damai Dunia Maya untuk mensiasati propaganda yang terus disuarakan oleh kelompok teroris. Tugas dari Duta Damai Dunia Maya adalah untuk memerangi aksi terorisme dan radikalisme yang semakin marak dengan menggunakan dan menyebarkan konten-konten kreatif dan positif.

Sudah ada 4 daerah yang memiliki Duta Damai Dunia Maya, yang berarti terdapat 20 website dan beberapa media sosial yang digunaka untuk menyebarkan konten positif yang diharapkan dapat ikut mencegah aksi terorisme dan radikalisme.

Harapan kita semua, pemuda-pemudi Indonesia dapat ikut ambil bagian dalam memerangi aksi terorisme dan radikalisme yang merajalela dengan konten-konten kreatifnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *